Friday, May 15, 2015

Usage Shock Pasca Putus Cinta (versi cowok)



                 Putus cinta bagi pasangan yang dilanda asmara akan sangat menyakitkan. Seseorang yang selalu ada tiba-tiba hilang. Otomatis kita harus merubah kebiasaan kita, mulai dari bangun pagi tanpa sapaan hangat darinya, menikmati makanan kesukaan sendirian, hingga insomnia karena tak ada ucapan selamat tidur darinya.Yang terakhir lebay. Itu bukan hal yang mudah. Perlu waktu dan keteguhan hati ekstra untuk membuat hidup kembali normal.

 
Perbedaan cowok dan cewek
                 Cowok dan cewek dianggap sangat berbeda. Dalam budaya yang sangat 'maskulin' cowok dipandang sebagai seseorang yang  tegas, berlandaskan logika, dan kuat. Di sisi lain cewek dipandang sebagai seseorang  yang sederhana, berlandaskan perasaan, berfokus pada kualitas hidup dan lembut.
                 Dalam percintaan, meskipun sepasang sejoli mengalami kisah yang sama, penafsiran rasa dan masalah yang ada tetap berbeda, hal ini juga terlihat dari tahap yang dialami setelah putus cinta.

Tahap Putus cinta versi cowok
                 Tahap ini bisa dihubungkan dengan pembahasan culture shock oleh Kalervo Oberg (1960). Culture shock sendiri adalah sebuah reaksi psikologis tentang apa yang dialami di dalam sebuah budaya yang sangat berbeda dengan budaya kita.
                 Karena kita bahas putus cinta, kita namakan ini dengan usage shock. Sepertinya lebih tepat, karena kita akan merasakan hilangnya kebiasaan dan rutinitas indah bersama pacar. Tahap yang dialami usage shock kurang lebih sama dengan culture shock

1.        Tahap Bulan madu
Pada tahap ini cowok akan mengalami sesuatu yang menarik walau berada di situasi yang baru. Kamu akan merasakan kebebasan yang selama ini direnggut pacar. Ini adalah tahap paling menyenangkan pasca putus makanya dinamakan bulan madu. Bebasnya ibarat barat narapidana yang bebas setelah 10 tahun dipenjara.
I FEEL FREE sumber www.flickriver.com

2.         Tahap Krisis
Pada tahap ini perbedaan kebiasaan yang ada mulai menimbulkan masalah. Perasaan kangen mantan berkecamuk didalam dada. Tidak ada yang bisa kamu ajak makan ketika bosan, tidak ada yang membangunkamu sehingga kamu telat bangun, merasa kurang perhatian dan hal lain yang membuat hidupmu berantakan. “Apa kabarnya disana ya? Apakah dia bahagia tanpa aku?” Di tahap ini kamu mulai feel something strange, dan pada tahap yang akut kamu akan bilang I need tou now and I wish you come back. Pada tahap inilah perasaan ingin balikan akan muncul.
Galau maksimal sumber dimassukma.blogspot.com

3.        Tahap Perbaikan
Pada tahap ini kamu mulai membangun duniamu lagi. Jika kamu memilih move on, kamu akan mendapatkan kebahagiaanmu lagi. Dan dengan tegas mengulang kalimat Mario Teguh, “Kau sakiti aku memang luka, tapi cewek sepertimu banyak. Perasaaan ke mantan akan berkurang.
Tapi lain ceritanya jika godaan mantan menggoyahkan iman. Kamu berusaha memperbaiki diri agar sesuai keinginan mantan. Kamu bisa saja berhasil balikan atau sialnya  berusaha balikan tapi si cewek menolak. Sakitnya tuh dimana-mana


 
4.      Tahap Penyesuaian
Pada tahap ini kamu akan menyesuaikan dan menikmati kehidupan baru. Apakah bebas dari sang mantan alias move away, move on, dan move up, atau balikan sama mantan atau sedihnya harus menerima keputusan mantan yang menolak balikan.

Aku harus bahagia sumber chachatroublemaker.wordpress.com
Lalu, kamu (cowok) sudah sampai tahap mana? Atau mantan kamu (cewek) sudah sampai tahap mana?

Note: Tapi semua tahap diatas relatif ya. Teori culture shock itu teori social yang objeknya dinamis dan tidak mesti pas untuk semua orang, tapi kebanyakan gitu. Tunggu tulisan selanjutnya tentang usage shock versi cewek ya.

1 comment: